Category Archives: Sejarah Wine

Sedikit Sejarah Perjalanan Dari Wine

perkebunan.anggur

Seperti yang kita ketahui, wine adalah minuman beralkohol yang terbuat dari anggur. Dan seperti yang kita sering sebut disini dan merupakan arti harafiah dalam bahasa indonesia untuk wine adalah anggur. Untuk di indonesia sendiri kita lebih sering mendengar orang menggunakan kata wine daripada kata anggur, karena kata anggur sendiri lebih sering di artikan sebagai buah anggur. Oleh karena itu kita akan langsung menyebutnya dengan kata wine. Mungkin banyak orang belum tahu dan banyak yang mempunyai defisini masing masing mengenai wine ini, namun satu hal yang pasti bahwa terdapat bukti di dalam sejarah bahwa anggur menjadi salah satu bagian dalam pembuatan wine ini. didalam sejarah pembuatan wine sekitar 9000 tahun lalu di negara china tercatat bahwa buah anggur digunakan dalam pembuatan wine bersama dengan fermentasi dari beras dan madu. Dan 2000 tahun kemudian, campuran dari buah anggur bersama dengan madu dan fermentasi beras merupakan awal dari perkembangan tradisi pembuatan anggur di eropa yang dimulai dari asia barat.

Sebenarnya bukti arkeologis dari pembuatan wine sangatlah sulit untuk didapatkan, karena dengan ditemukanannya biji anggur, kulit buah anggur, batang pohon anggur dan juga tangkai buah anggur belum tentu menyiratkan bahwa disitu terjadi proses produksi wine. Dan sudah terdapat dua metode utama untuk mengidentifikasi pembuatan wine yang di terima oleh para sarjana dan ilmuwan di seluruh dunia yaitu  mengidentifikasikan stok domestik yang dimiliki dan juga menemukan bukti pemrosesan buah anggur tersebut.

buah.anggur

Perubahan utama yang terjadi selama pemrosesan buah anggur adalah bahwa bentuk buah anggur yang di gunakan adalah buah anggur yang memiliki bunga hermafrodit. Yang artinya adalah bahwa buah anggur tersebut adalah buah anggur yang dapat melakukan proses penyerbukan sendiri. Dengan demikian, para pembuat wine ini dapat membuat wine berdasarkan sifat sifat dan rasa yang disukainya. Karena selama dia menyimpan semua tanaman anggurnya pada lereng atau lahan yang sama maka mereka tidak perlu khawatir dengan penyerbukan silang yang akan menyebabkan terjadi perubahan sifat dan rasa pada buah anggur mereka. sehingga kualitas wine yang mereka buat akan selalu menghasilkan sifat dan rasa yang sama selama mereka memprosesnya dengan cara yang tepat dan seksama.

Penemuan bagian-bagian tanaman di luar wilayah asalnya juga merupakan bukti domestikasi. Nenek moyang liar anggur liar Eropa (Vitis vinifera sylvestris) adalah tanaman asli Eurasia barat antara Laut Tengah dan Laut Kaspia; dengan demikian, keberadaan V. vinifera di luar kisaran normalnya juga dianggap sebagai bukti domestikasi.

Ini adalah bukti dan sejarah dari wine berdasarkan dari bukti arkeologi. Selanjutnya kita akan bahas lebih lanjut mengenai sejarah dari wine berdasarkan bukti dan sumber lain seperti sejarah dari wine negeri china dan juga sejarah wine di eropa. Stay tune di nvcwinery.com untuk mengetahui lebih banyak mengenai wine dan juga sejarahnya, serta untuk yang ingin belajar dan bagaimana cara untuk membuat wine kita juga buka kelas belajarnya lohh.. stay tune yah guys !