Fakta Tentang Wine Yang Jarang Diketahui

Wine merupakan minuman yang unik. Kami menemukan beberapa fakta terpedam yang ada di dalam wine itu. Berikut ini adalah beberapa fakta tersebut.

  • Buah anggur dapat berfermentasi sendiri

Jika Anda memeras buah anggur dan menyimpannya kedalam stoples lalu menempatkannya pada ruangan yang memiliki suhu hangat, maka perasan buah anggur tersebut akan berubah menjadi wine dengan sendirinya. Karena ragi yang hidup pada kulit anggur sangatlah kuat dan berkembang dengan sangat cepat sehingga tidak lama perasan buah anggur tersebut pasti akan segera menjadi wine. Mungkin cara yang simple dan mudah ini tidak akan menghasilkan sebuah wine yang baik dan berkualitas, tetapi tetap saja perasan anggur ini sudah bisa kita sebut sebagai wine.

Karena proses ini sangat otomatis dan mudah, para sejarawan, ahli botani dan ahli pembuatan wine lainnya sepakat bahwa wine adalah minuman beralkohol pertama yang ditemukan oleh kelompok prasejarah. Mereka percaya bahwa wine pertama ditemukan, dicicipi, dan kemudian sengaja diproduksi sekitar 10.000 tahun yang lalu.

  • Buah anggur adalah pembuat bir pertama

Jika anggur bukanlah minuman beralkohol pertama di dunia, maka ragi dari buah anggurlah yang digunakan untuk membuat bir pertama di dunia.
Didalam sejarah seperti di bar dan tempat tempat mengonsumsi minuman beralkohol lainnya, anggur dan bir memiliki pendukungnya masing masing. Dan beberapa sejarawan percaya orang telah membuat bir sebelum mereka membuat anggur.

  • Minum segelas wine lebih baik daripada anda tidak meminumnya sama skali

Walaupun sepertinya terdengar aneh, karena banyak sekali orang yang menganggap minuman beralkohol tidaklah baik untuk di konsumsi. Namun penelitian mengatakan bahwa jika anda meminum wine dengan dosis yang cukup setiap harinya dan tidak secara berlebihan, maka akan wine akan memberikan efek yang positif bagi tubuh anda. Antioksidan yang ditemukan didalam wine dapat membantu mengurangi resiko kematian, penyakit jantung dan juga penyakit diabetes type-2.

  • Wine dengan tahun yang lebih muda lebih baik daripada wine dengan tahun yang lebih tua

Kita semua tahu dan sering mendengar bahwa wine dengan tahun yang lebih tua itu lebih baik dan lebih enak daripada wine dengan tahun yang lebih muda. Pernyataan itu tidaklah sepenuhnya salah, karena memang beberapa wine memiliki rasa yang lebih enak jika tahun wine tersebut lebih tua. Namun jika kita membahasnya untuk aspek kesehatan, maka wine yang lebih tua tidaklah bagus untuk kesehatan kita. Karena wine dengan tahun yang lebih muda memiliki kandungan tannin yang lebih banyak. Dan seperti yang kita tahu, tannin sangatlah bagus untuk kesehatan karena senyawa ini dapat membantu menghambat plak kolesterol didalam pembuluh darah kita yang artinya sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.

  • Ratusan aroma yang kita temukan dalam wine ternyata berasal hanya dari anggur

Berbagai macam aroma yang kita temukan dari wine, seperti aroma buah ceri, aroma berry berryan, aroma selai buah, dan juga aroma rempah rempah yang kita cium didalam segelas wine ternyata berasal dari fermentasi buah anggur dan juga buah anggur tersebut yang menua didalam tong kayu yang biasa kita gunakan untuk menyimpan wine tersebut. Sama sekali tidak ada proses penambahan rasa atau aroma buatan dalam proses ini. Dan ini semua dijamin 100% alami dari buah anggur itu sendiri.