5 Kategori Utama Wine Yang Harus Kamu Tahu

Dunia wine atau anggur mungkin akan sangat membingungkan untuk para pemula. Dengan berbagai macam botol, merek, dan jenis wine yang tampaknya tak ada habisnya, dari manakah kira-kira kita bisa belajar mengenal berbagai macam jenis wine? Berikut ini adalah pembahasan singkat dari lima kategori utama wine dan karakteristik unggulannya.

Red Wine

Anggur merah dibuat dari anggur berwarna biru atau ungu dan cenderung mengandung lebih banyak tanin karena cara pembuatan anggur merah melalui kontak yang lama antara jus anggur dan kulit anggur. Red Wine yang terkenal biasanya berasal dari bordeaux, Burgundy, Italia, Chile, Amerika Serikat, dan banyak negara lainnya. Karena ternyata popularitas wine ini sangat tinggi dan membuat banyak negara negara menjadi pembuatan red wine sebagai salah satu sumber exportnya. Jenis anggur yang biasa digunakan adalah anggur Cabernet Sauvignon, Merlot, Malbec, Pinot Noir, Shiraz, atau Cab Franc. Anggur-anggur jenis ini bisa diolah ke dalam berbagai gaya dengan body yang lebih ringan (atau berat), dengan berbagai profil rasa yang berbeda mulai dari sedikit kering, manis, fruity, pedas, hingga gurih.

White Wine

Dalam kategori white wine atau anggur putih, varietas anggur yang paling popular adalah Chardonnay, Sauvignon Blanc, Pinot Grigio, Riesling, dan Chenin Blanc. Anggur putih cenderung berfokus pada keasaman dan rasa segar dari nuansa buah putih. White wine biasanya dibuat dalam variasi kering atau manis dengan bentang rasa yang fruity hingga floral, pedas, manis, dan creamy.

Rose Wine

Biasanya dibuat dari anggur red wine dengan sedikit paparan kulit anggur ke dalam perasannya, rosé wine dibuat di daerah anggur di seluruh dunia, wine satu ini sangat cocok untuk diminum di musim panas dalam keadaan dingin. rekan anggur merah.

Sparkling Wine

Sparkling wine atau yang lebih kita kenal dengan nama Champagne adalah jenis wine yang sangat populer karena erat kaitannya dengan perayaan yang ceria. Terbuat dari anggur Red wine dan white wine, sparkling wine bisa berwarna putih, rosé, atau merah. Gelembung tersebut berasal dari fermentasi kedua yang menghasilkan gelembung karbon dioksida dalam tekanan berkelanjutan. Sparkling wine memiliki beragam gaya mulai dari yang sangat kering hingga cukup manis dan super berbuih hingga sedikit bersoda, dengan spektrum penuh rasa dan aroma yang mencakup skala dari floral hingga warna mentega yang lembut.

Fortified Wine

Fortified wine dibuat dari anggur yang masih mengandung alkohol tambahan, umumnya wine jenis ini mengandung total alkohol sebesar 17-20%. Jenis Fortified Wine yang paling populer adalah Port, Sherry, Marsala, dan Madeira. Terbuat dari anggur merah dan putih, dengan nuansa manis mulai dari yang kering hingga semi-kering hingga ke minuman yang sangat manis. Sebenarnya ada jenis wine yang lebih manis dari Fortified wine ini yaitu, dessert wine yang sangat popular.

Ada satu jenis wine yang kamu perlu tahu, meskipun wine satu ini termasuk dalam salah satu dari lima kategori di atas, namanya Dessert wine. Wine yang satu ini terbuat dari anggur red wine atau white wine dengan kadar gula residual yang lebih tinggi.